Jumat, 17 Desember 2010

Kawasaki Edge-Posisinya Melawan Jupiter dan Blade


Kawasaki Edge yang rencananya akan mengisi pasar bebek 110cc akan dibanderol Rp 12-13 juta. Hmm yang jelas si sumber ndak pake tanda petik nih (“sumber” :mrgreen: ) ke TKP aja gan buat yang lebih jelas. Nah kalau harga sudah ada kejelasan lebih gampang memprediksi kekuatannya.
Edge tidak akan menggantikan Blitz, berarti Kawasaki mencoba strategi 110cc entry dan mid level. Nah kalau demikian bagaimana kekuatannya melawan Jupiter dan Blade? Yuk kita bahas…
Edge, Blade, dan Jupiter adalah tiga motor yang senasib, kenapa? Karena ketiganya tak lain adalah pengembangan dari motor entry levelnya. Soal teknologi yang ditawarkan rata-rata saja, diantara ketiganya tidak ada yang menonjol. Nah makanya bukan lagi teknologi yang dilihat tapi harga, tampilan, dan imej.
Harga
Faktor super-sensitif buat konsumen bebek. Yap sesuai yang digadang-gadang, Edge bakal dilepas Rp 12-13 juta. Harga segitu punya kekuatan lebih, Jupiter dan Blade bermain di angka >13 juta. Bahkan Jupiter Z CW menyentuh angka Rp 14 juta.
Yang masih membuat saya bingung adalah Edge pasti punya varian SW dan CW. Bagaimana pemosisian kedua versi itu masih belum ketahuan, tetapi andaikan Rp 12-12.5 juta untuk SW dan Rp 13-13.25 untuk CW  itu masih bisa. Kenapa CW rentangnya tidak sampai Rp 13.5? Karena di angka segitu sudah ada Blade. Tapi saya lebih cocok kalau Edge CW dibanderol Rp 13 juta.
Tampilan
Blade ternyata mengecewakan dari segi penjualan. Padahal dari segi produk saya sempat high-estimate. Alasan jebloknya penjualan adalah desain yang terlalu “alien”, dan memang konsumen lebih memilih A.Revo yang lebih konvensional.
Edge masih berada di batas aman di soal tampilannya. Meskipun bertitel “edge” yang berarti sudut, Edge masih ditempeli desain bebek normal. Dibandingkan dengan Blade yang terlalu ekstrem, Edge punya kans yang lebih bagus.
Bagaimana dengan Jupiter Z? Hmm…motor ini rencananya akan digantikan dengan Jupiter ZZ 115cc. Tapi soal desain untuk sekarang jelas tidak sesegar Edge dan…ada baiknya menunggu Jupiter ZZ.
Imej
Nah ini dia… Edge ternyata adalah produk kuat, tinggal bagaimana Kawasaki membentuk imej tersendiri. Kawasaki mengatakan bahwa Edge akan mengusung tema kencang, senada sih dengan kata “edge”. Tinggal bagaimana mengiklankannya karena pastinya Blade iklannya kenceng pula, apalagi kalau Jupiter ZZ mbrojol.
Satu lagi Edge berkapasitas 112cc, menurut ane sih jangan dibulatkan ke bawah, bulatkan saja ke atas, berani pasarng Edge 115cc. Kenapa? Jupiter ZZ yang bakal keluar mengusung titel 115cc. Nah sayangkan kalau karena keliru pasang jabatan, medali tidak bisa diraih?
Edge bisa curi start Jupiter ZZ dengan merebut pangkat 115cc di kelas ini, sebuah value yang bagus dan meningkatkan imej lho…
Nah terakhir kali…Edge ternyata bukan underdog kok Kawasaki, anda tinggal bagaimana membentuk pandangan di kalangan biker soal produk anda yang satu ini. Jangan sampai nanti anda rugi sendiri dengan produk yang sudah susah-susah dilahirkan oke?…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar