Senin, 21 Februari 2011

Bedah Karakter Mesin Edge

Tuesday, 22 February 2011 02:25
Karakter Moto prix senggal senggol gak menguntungkan buat engine stroke pendek. Putaran bawah, sedikit kurang galak dibanding engine long stroke yang bisa mencapai torsi lebih cepat di rpm rendah. Stroke 50,6 mm Kawasaki EDGE bisa mantap di MotoPrix dengan racikan yang pas. Power motor Kawasaki EDGE cuma 20,5 dk. Dengan kompresi 13,6:1 dipadu dengan bahan ledak silinder alias bahan bakar avgas. Dengan stroke 50,6 mm, silinder blok dpasangkan dengan piston Izumi diameter 57 mm. Hasilnya, kapasitas silinder masih batas regulasi kelas bebek 4 tak 125 cc. Yaitu 129,5 cc.
Untuk masalah katup. Klep isap atau in, pakai diameter cukup 26 mm. Sedangkan klep buang atau ex aplikasinya 23 mm. Agar flow gas yang masuk ke ruang bakar dan yang terbuang lancar sesuai yang dibutuhkan. Angkatan kedua klep bisa dibuat agak tinggi pada 9,2 mm. Dengan durasi kem yang dipatok main pada 280 derajat. Bahkan karburator juga bisa cukup pakai Mikuni TM 42 mm. Masih ada trik lagi, untuk ngakali stroke pendek, digunakan perbandingan gigi rasio. Untuk mengakali putaran balik yang patah, gigi rasio diberatkan. Sehingga tikunganpun bisa gigi satu. Untuk perbandingan rasionya demikian : Gigi I, pakai 31/14. Gigi II pakai 29/18. Gigi III, 26/20 dan Gigi IV pakai 25/22. Meski pakai racikan segini, dipastiin ditikungan pakai gigi I power motor gak akan liar. Bisa buat manuver dan kontrol tetap penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar